I Love What I Do

| Sabtu, 08 Juni 2013
Seorang petenis, ketika disuruh untuk menyelam untuk pertama kalinya, mungkin dia bisa, namun dipastikan dia akan cepat kelelahan karena itu bukan bidangnya. Seorang penulis pasti dapat mendeskripsikan sebuah gambar dengan detail dan jelas, namun dia tak dapat membuat gambar yang dia lihat.

Setiap orang punya keahliannya masing-masing. Berhubung dengan tema tulisanku kali ini, tema kali ini benar-benar apa yang terjadi pada diriku. Liburan semester mungkin baru berjalan sekitar dua minggu, tapi aku sudah merasa bosan, padahal baru juga beberapa waktu kemarin aku melakukan traveling ke Karimun Jawa bersama dengan teman-teman sekampus. Tapi satu hal yang bagus adalah aku bersyukur liburan ini gak ada sangkut pautnya dengan kampus lagi, aku memang ingin menghindar dari dunia perkuliahan untuk sementara waktu dan menekuni apa yang telah tertinggal lama, yaitu menulis.

Dalam mengisi liburanku ini, beberapa waktu yang lalu aku mencoba membuat sketsa manga dalam bentuk chibi dan superdeform. Kelihatannya mudah dan memang saat aku mempelajarinya aku bisa lebih cepat mempelajarinya dibandingkan dengan aku membuat gambar adult body. Beberapa hasil karyaku memang cukup memuaskan bagi diriku sendiri. Ini beberapa hasil sketsa gambarku

Ya ini adalah beberapa gambar sketsaku yang aku buat selama liburan ini. Sebenarnya ada banyak sih, tapi aku sengaja menampilkan dua aja sebagai contoh. Kalo diperhatikan hasil sketsaku kalo kata beberapa orang tuh bagus dan lucu, tapi setelah aku perhatikan baik-baik sebenarnya ku merasa kayak bukan diriku lho. Lho maksudnya apa nih?

Begini maksudnya, aku kan seorang penulis, tentunya aku terbiasa menulis. Sebenarnya dari kecil juga aku suka membuat gambar namun hasil gambarku ya hanya sebagai pemenuh hasrat aja. Gak bisa dibilang bagus, maupun jelek. Namun aku merasa seperti kaku saat menggambar. Aku tak bisa melakukannya dengan bebas, sebebas aku menulis dan bercerita. Ya mungkin memang bukan bakatku juga kali ya.

Temanku pernah berkata, suatu hal yang membuatmu merasa terkekang sebaiknya dilepaskan saja jika tidak memberi kesenangan pada jiwamu. Maksudnya apa lagi nih? Begini, setiap orang punya passion tersendiri saat melakukan sesuatu sendiri atau bahasa mudahnya hasrat. Pada beberapa hal orang akan merasa senang dan mencintai hal yang dia lakukan, tapi pada hal yang lain ia akan merasa seperti terkekang. Ini mirip dengan hobi. Apakah hobimu itu adalah hobi yang menyiksamu? Justru enggak kan. Malah hobimu itu adalah membuatmu merasa tenang, nyaman dan menyenangkanmu.

Namun dalam beberapa hal kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita sukai. Misalnya saja dalam pelajaran, mungkin bukan mungkin lagi ya, pasti ada mata pelajaran yang kita gak suka, tapi mau gimana lagi, wong kita mesti hadapi ya sudah hadapi, janganlah dibenci. Gak suka boleh, tapi dibenci jangan. Coba saja pelajari.

Nah bicara soal passion tadi sudah dibahas bahwa seseorang dikatakan memiliki passion jika ketika ia melakukan sesuatu dia akan melakukannya dengan sangat baik. Bukan hanya hobi saja lho, bahkan pekerjaan juga. Bagaimana cara menemukan passion ? Paling mudah adalah dari apa yang kalian sukai. Nah ini juga akan berhubungan dengan pekerjaanmu suatu hari nanti. Bukan masalah gaji yang diterima berapa, tapi yang penting ada passion gak di sana? Mau gaji gede juga tapi kalo gak ada passion itu sih sama aja kayak naro air di ember bocor. Gak bakal nyaman.

Sekarang ini akku telah menemukan passion-ku untuk menulis walau aku akui masih banyak kelemahan, tapi dengan banyak berlatih aku yakin aku bisa mewujudkan mimpiku di masa kecil yaitu menjadi penulis handal. So semangat terus.

0 komentar:

Posting Komentar

Tunjukkan apresiasimu, karena tulisan ada untuk diapresiasi

Next Prev
▲Top▲