Bintang Sirius

| Jumat, 08 Februari 2013


Pernah ke Boscha atau stasiun luar angkasa sebelumnya? Aku sih belum pernah. Tapi aku pernah melihat sebuah bintang yang terang, saat langit malam benar-benar gelap di atas kota Bandung dan tak nampak apa-apa selain bulan dan sebuah bintang. Aku lihat itu sejak bulan Januari. aktu itu aku tanya temen aku yang jurusan astronomi, bintang apa itu? Dia bilang itu adalah bintang sirius. Sirius? Kok kemerahan ya warnanya? Dia bilang itu dikarenakan langitnya lagi kotor dan berkabut. Aku pernah baca di sebuah literatur kalau bintang yang bisa dilihat dengan mata telanjang dan paling terang adalah bintang sirius. Aku memandang ke arah bintang itu dan aku merasa aku jatuh cinta pada sirius. Entah mengapa tapi aku mengagumi sinarnya yang tetap dapat aku lihat dari kejauhan sini tanpa perlu aku pakai teropong bintang.

Sejak saat itu aku menjadi penggemar sirius. Kebetulan bukan aku saja penggemar sirius tapi ada temanku di seberang sana di Kediri, Jawa Timur, penggemar sirius. Karena sama-sama menggemari sirius maka kami menyebut diri kami sebagai "sirius bumi". Bintang sirius adalah bintang paling terang yang pernah aku tahu. Aku teringat akan sebuah film judulnya Surat Kecil Untuk Tuhan. Di film itu disebut juga tentang bintang sirius.

Terkadang aku ingin sekali menjadi bintang sirius, bintang yang terang yang bisa menerangi langit malam, menemani sang rembulan dalam kesendiriannya. Tapi aku baru tahu kalau suatu bintang sangat terang, maka umur bintang itu pendek dan rupanya umur sirius tidaklah lama. Suatu saat dia akan mati. Itu artinya kalau aku jadi bintang sirius, aku mungkin hanya bersinar untuk sesaat saja setelah itu aku akan menghilang seperti sirius dan menjadi bintang katai putih. Tapi itu tak membuatku menyesali telah menjadi bintang sirius.

Bintang sirius mengajarkan kepadaku satu hal, buatlah hidupmu menjadi sangat bermakna, sangat dibutuhkan orang lain sehingga ketika kau pergi untuk selamanya, semua orang yang mengenalmu akan menangis akan kepergianmu dan kau akan tersenyum ketika kau pergi. Aku ingin seperti sirius, walau hanya sekejap saja tapi dapat membuat hidup banyak orang berubah menjadi lebih baik.

Ku kirimkan salamku pada sirius, bintang cerah, dan para penggemar sirius lainnya. Apa kabar ciriustan?

0 komentar:

Posting Komentar

Tunjukkan apresiasimu, karena tulisan ada untuk diapresiasi

Next Prev
▲Top▲